Cara Pencegahan Penyakit Sinusitis

16 Feb

Cara Pencegahan Penyakit Sinusitis

Cara Pencegahan Penyakit Sinusitis

Cara mencegah penyakit sinusitis adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk menurunkan risiko terkena penyakit sinusitis. Dengan pencegahan yang dilakukan dengan tepat, jumlah kasus baru sinusitis pada kelompok atau populasi dapat diturunkan dan mudah-mudahan, ini akan menurunkan jumlah kematian yang disebabkan oleh penyakit sinusitis.

Anda mungkin khawatir tentang penyakit ini, dan mungkin bertanya-tanya apakah ada langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk pencegahan sinusitis? Beberapa faktor risiko, seperti riwayat keluarga dan genetika memang tidak dapat diubah.

Namun ada juga beberapa faktor risiko yang bisa dihindari yakni paling tepat dimulai dengan kebiasaan hidup yang sehat seperti membatasi asumsi rokok dan alkohol, rutin melakukan aktifitas fisik serta mengerti apa saja yang dapat anda lakukan untuk mengurangi risiko terkena penyakit sinusitis.

Cara Pencegahan Penyakit Sinusitis

1. Mandi air hangat sedikit lebih lama, karena uap hangat yang terembus dari air mandi ini akan mencairkan dahak yang kental dan sulit dikeluarkan. Mandi sauna juga sangat baik bagi penderita penyakit sinusitis.
2. Perbanyak minum air putih sehingga dapat mengencerkan dahak. Jika dahak lebih encer, semakin kecil kemungkinan terjadinya sumbatan.
3. Berhenti merokok bagi perokok aktif, karena rokok berefek mengeringkan selaput lendir lunak di dalam saluran lendir.
4. Gunakan pelega sumbatan oral atau semprotan pelega sumbatan hidung hanya untuk jangka pendek.
5. Keluarkan lendir hidung secara perlahan, tutup 1 lubang hidung saat mengeluarkan lendir dari lubang hidung yang lain.
6. Penderita sinusitis perlu lebih cermat merawat kesehatan gigi dan gusi, karena ada kalanya kuman-kuman yang terdapat pada gigi dan gusi menyebrang ke area sinus.
7. Hindari perjalanan udara dan olahraga angkasa atau laut seperti terjun payung, menyelam, ski, berenang, dan selancar. Hal ini bertujuan agar tidak timbul perubahan tekanan di dalam kepala yang menyebabkan ingus sulit dikeluarkan.
8. Hendaknya selalu mencuci tangan, walaupun jarak antara tangan dan sinus sangat jauh. Hal ini dikarenakan sering terjadinya penyakit sinusitis pada seseorang yang awalnya menderita pilek atau alergi yang tidak sembuh-sembuh. Virus dari pilek ini sering terbawa tangan yang kotor.
9. Jika anda memilii alergi, cobalah untuk menghindari hal-hal yang menyebabkan timbulnya alergi tersebut.

“Bagi anda yang saat ini menderita sinusitis meskipun masih tergolong ringan atau akut, lebih baik segera di obati sekarang juga. Jangan pernah menunggu sampai sinusitis bertambah parah dan komplikasi atau dampak berbahaya menimpa anda”.

Baca artikel menarik tentang : Obat Sinusitis Yang Di Jual Di Apotik

Cara Pencegahan Penyakit Sinusitis Dengan Obat Herbal

Seperti yang sudah kita ulas di atas, faktor risiko penyakit sinusitis antara lain: asap rokok, polusi udara dan zat-zat lainnya. Memang di dalam asap rokok dan udara yang tercemar mengandung banyak sekali partikel radikal bebas, yang siap menyerang tubuh Anda. Untuk itu diperlukan suplemen antioksidan super yang dapat menangkal serangan radikal bebas tersebut.

Sekarang banyak sekali beredar obat-obatan herbal yang diklaim mengandung antioksidan tinggi. Sebagai konsumen anda harus pintar-pintar memilih produk kesehatan yang benar-benar berkualitas. Yang terpenting adalah memperhatikan apakah produk herbal tersebut sudah terbukti khasiatnya.

Itulah informasi mengenai Cara pencegahan Penyakit Sinusitis, yang mana semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan anda mengenai penyakit siusitis dan juga semoga dapat membantu proses penyembuhan penyakit sinusitis yang sedang anda derita saat ini.


Sort by : Herbal Propolis Brazil

Cara Pencegahan Penyakit Sinusitis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *