Efek Negatif Memakai Headset Saat Tidur

16 Mar

Efek Negatif Memakai Headset Saat Tidur

Efek Negatif Memakai Headset Saat Tidur

Jangan dianggap sepele! Inilah efek negatik yang akan ditimbulkan ketika memakai headset saat tidur.

Siapa sih yang gak suka dengerin musik? Kebanyakan orang pasti suka mendengarkan musik, dari mulai anak-anak sampai lansia sekalipun. Kebanyakan orang berpendapat, mendengarkan musik dapat menenangkan hati, mengembalikan mood, serta mengenang masa lalu.

Berbagai jenis musik yang didengar orang dengan kesukaan yang berbeda-beda. Begitupun cara mendengarkannya, ada yang suka mendengar dengan volume rendah ada juga yang suka volume keras. Ada yang suka mendengar di ruang terbuka dan tempat ramai, ada juga yang suka mendengar sendiri dengan cara menggunakan headset agar dapat di dengar dengan jelas.

Namun tahukah anda? Bahwa ternyata mendengarkan musik menggunakan headset dalam jangka waktu yang terlalu lama akan mengakibatkan beberapa komplikasi terhadap tubuh anda lho. Apalagi jika headset tersebut sampai terbawa tidur!

Memang tidak bisa dipungkiri bahwasanya menggunakan headset banyak sekali manfaatnya, tetapi jangan lupa juga terhadap bahaya dari penggunaan headset tersebut.

Untuk lebih jelasnya, dibawah ini kami sampaikan apa-apa saja efek negatif yang akan terjadi jika kamu menggunakan headset terus-menerus ketika tidur adalah sebagai berikut :

1. Dapat merusak otak

Headset sangat berpengaruh terhadap kelangsungan sistem pada otak, sebab headset yang digunakan saat tidur sebenarnya tidak membuat otak benar-benar istirahat. Suara yang masuk saat tidur masih diolah oleh otak, sehingga mengakibatkan otak kurang beristirahat. Selain itu, gelombang elektromagnetik yang diantarkan headset dapat memiliki dampak merusak sel otak.

Baca juga informasi mengenai : Cara Mengobati Bells Palsy Muka Menceng

2. Dapat menurunkan daya pendengaran

Mendengarkan headset terlalu lama terutama pada volume keras dapat menurunkan kemampuan pendengaran seseorang, hal ini juga berlaku bila dilakukan sambil tidur. Terlalu sering memakai headset dengan volume tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada koklea, organ dalam telinga yang berfungsi untuk menerima getaran suara. Bulu-bulu halus pada koklea bisa rusak karena tempaan suara keras sehingga mengurangi kemampuan pendengaran.

3. Kuman masuk dan berkumpul di telinga

Headset adalah salah satu perangkat yang sering menjadi sarang kuman karena sering diletakkan di udara terbuka dan jarang dibersihkan. Ketika kamu memakai headset saat tidur, berarti headset menempel di telinga dalam waktu lama dan menyebabkan kuman dengan bebasnya masuk ke telinga.

4. Menurunkan kewaspadaan telinga

Mendengarkan musik dengan headset memang lebih nyaman, namun jika melakukannya dengan volume suara yang tinggi dapat mengurangi kewaspadaan kita pada hal yang terjadi sekitar. Hal ini sangat berbahaya jika dilakukan saat berkendara karena dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Hal ini berlaku juga saat memakai headset saat tidur. Saat kita tertidur, sistem pendengaran masih berfungsi sebagai pengingat alami adanya bahaya yang terjadi di sekitar.

5. Dapat melukai kulit telinga

Meski umumnya headset dibuat agar senyaman mungkin dipakai oleh penggunanya, hal tersebut tidak menjamin kulit telinga baik-baik saja jika menggunakan headset terlalu lama. Apalagi untuk headset yang tidak memiliki pelindung telinga berupa silikon karet. Mendengarkan musik lewat headset terlalu lama dapat membuat kulit telinga lecet dan iritasi. Biasanya kondisi ini memang bisa sembuh dengan sendirinya, tapi banyak juga terjadi infeksi dan peradangan.

6. Menimbulkan kerusakan permanen pada telinga

Hal ini bisa terjadi ketika telinga sudah tidak kuat menahan beban suara keras. Suara yang aman untuk didengar oleh telinga direkomendasikan di bawah 85dB. Sedangkan, sebagian besar headset menghasilkan suara antara 95-108dB. Terlebih jika telinga sudah mengalami sejumlah efek yang disebutkan di atas.

Baca juga artikel terkait :Obat Telinga Bernanah Di Apotik

7. Dapat membunuh kamu secara perlahan

Hal ini bisa terjadi buat kamu yang menggunakan alat pacu jantung. Magnet yang terkandung dalam headset dapat membuat kacau alat pacu jantung. Ketika headset tidak digunakan saja, magnetnya bisa “menyerang,” bagaimana jadinya jika digunakan saat tidur?

Kesimpulan

Bagi anda yang sulit lepas dari kebiasaan menggunakan headset secara belebihan, kami sarankan supaya perlahan-lahan kurangi hal yang dapat merugikan terhadap diri anda sendiri.

Penggunaan headset sebaiknya dipakai hanya pada waktu tertentu dan tidak secara terus-menerus. Sebab sudah banyak pengguna headset yang alami celaka karena menggunakan headset secara berlebiha, dan kami tidak mengharapkan anda mengalami hal tersebut.

Itulah beberapa efek negatif memakai headset saat tidur yang seringkali kurang perhatian dari orang yang menggunakan headset secara berlebihan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu menambah pengetahuan anda, dan semoga bermanfaat.


Sort by : Herbal Propolis Brazil

Efek Negatif Memakai Headset Saat Tidur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *