Manfaat Propolis Untuk Kesehatan Tubuh

4 Okt

Manfaat Propolis Untuk Kesehatan Tubuh

Barangkali anda sudah tidak asing lagi dengan kata “madu” ?? Ya…madu yang sejatinya merupakan salah satu cairan yang di hasilkan oleh lebah madu yang sudah tidak perlu di ragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan kita.

Namun, tahukah anda kalau ternyata lebah itu bukan hanya memproduksi madu saja ?? Lantas apa lagi yang di hasilkan oleh lebah ?? Jawabannya adalah “propolis”. Untuk lebih jelasnya simak informasi yang berikut ini !!!

Mengenal Apa Itu Propolis Dan Manfaatnya

Manfaat Propolis Untuk Kesehatan Tubuh

Mayoritas orang jika mendengar kata “lebah madu” pasti dalam benak mereka akan terlintas bayangan mengenai madu yang terkenal dengan cita rasanya yang begitu menyegarkan dan khasiatnya yang segudang. Padahal lebah juga memproduksi yang namanya propolis, yang mana manfaat dan khasiat propolis ini tidak kalah dari madu.

Propolis adalah zat resin yang agak lengket, merupakan hasil produksi dari lebah madu. Lebah madu sengaja mengumpulkan sari dari pucuk daun-daun muda dan kemudian dengan dibantu air liur lebah akan membentuk propolis. Propolis ini sendiri berfungsi sebagai tameng / sesuatu yang bisa menjaga sarangnya dari serangan bakteri, kuman, dan virus.

Propolis ini sendiri telah dikenal sebagai obat herbal sejak dari ribuan tahun yang lalu dan di percaya sangat baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan orang Yunani memakainnya untuk mengobati abses. Bangsa asyur juga selalu mengoleskan obat herbal ini diatas luka dan tumor untuk melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan.

Dan bangsa Mesir memakainnya untuk proses pembalseman mumi. Seiring berkembangnya zaman propolis ini pun kini semakin populer dalam hal mengobati berbagai macam jenis penyakit, dalam bentuk obat-obatan atau produk kosmetik.

Nutrisi yang terkandung dalam propolis

Kurang lebih terdapat 300 jenis senyawa yang terkandung dalam herbal ini. Seperti senyawa kimia yang ditemukan dalam propolis, diantaranya yaitu : lilin, resin, balsam minyak aromatik, serbuk sari, dan bahan organik lainnya. Lebih khas lagi herbal ini mengandung polyphenol, yaitu sebuah bentuk antioksidan yang dapat melawan penyakit dan kerusakan pada tubuh.

Pada sekitar tahun 1987 Universitas Oxford telah melakukan penelitian terhadap propolis dan menyimpulkan bahwa di dalam propolis mengandung sekitar 19 jenis bahan aktif. Juga institut Kanza meneliti kandungan kompleks yang terdapat di dalam propolis lebah, diantaranya :

  • Kandungan mineralnya yang bermacam-macam, seperti : Albumin, Magnesium, Calcium, Iron Zine.
  • Enzim yang bermacam, seperti : Kanji, Histone, Protein, dan Trypsin.
  • 34 jenis bioflavonoid, yang merupakan senyawa alamiah pada tumbuhan. Kepekatannya mencapai 500 kali lipat dari kandungan antibiotik pada jeruk.
  • 16 Asam amino (protein)
  • Berbagai macam Vitamin A, provitamin A, B kompleks (B1,2,B,B4,B5,B6,B12), Vitamin C,D,E, Biovin.

Manfaat Dan Khasiat Propolis Bagi Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Propolis ini mampu membantu menurunkan kadar tekanan darah tinggi, yang mana propolis ini berfungsi sebagai memperlancar peredaran darah. Sehingga pada lapisan pembuluh darah yang terdapat oksida nitrat akan memberikan sinyal kepada otot-otot halus pembuluh darah untuk bersantai.

Jika penurunan kadar oksida nitrat dapat mengembangkan penyakit darah tinggi dan serangan jantung. Enzim tirosin hidroksilase (TH) membatasi jumlah produksi oksida nitrat yang di hasilkan oleh tubuh.

2. Mengobati Penyakit Kanker

Propolis ini dapat memerangi penyakit kanker prostat yang umumnya di temukan pada kaum pria dengan cara menekan pertumbuhan sel-sel kanker tanpa mematikan sel-sel yang sehat. Propolis juga dapat membantu menekan sel-sel kanker usus.

3. Mengatasi Flu & TBC

Propolis ini juga sangat ampuh membantu menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh virus, seperti TBC dan Influenza. Selain virus yang terhirup dari udara bebas, virus yang dibawa oleh nyamuk demam berdarah juga dapat dilumpuhkan oleh senyawa aktif dalam propolis.

4. Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Seperti yang telah dibahas diatas, propolis ini kaya akan vitamin D, asam amino dan mineral kompleks yang berperan dalam menjaga kesehatan gigi dan tulang. Propolis mampu membantu menjaga masa tulang dan menghindari risiko osteoporosis.

5. Merangsang kerja Fungsi Organ Tubuh

Bioflavonoid atau sering juga disebut sebagai vitamin P, vitamin lainnya dan kandungan mineral cukup lengkap menjadikan propolis sebagai salah satu sumber makanan dengan kandungan yang sangat kompleks.

Oleh karena itu, mengkonsumsi propolis akan mencukupi kebutuhan gizi yang sekiranya dibutuhkan oleh tubuh, merangsang hormon, enzim, dan senyawa lainnya yang membantu mengaktifkan kinerja organ-organ vital seperti : jantung, otak, paru-paru, hati, ginjal, limpa, dan reproduksi.

6. Baik Untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Alasan mengapa propolis digunakan sebagai bahan campuran bahan mumifikasi yaitu karena propolis benar-benar dapat memerangi bakteri dan mikroba yang merusak kulit. Cleopatra juga menggunakan propolis untuk menjaga kecantikannya.

7. Meningkatkan Sistem Imun

Propolis memiliki sifat perlindungan alami lebah dari serangan bakteri. Propolis juga merangsang kelenjar thymuts dalam tubuh untuk bekerja meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, propolis berperan untuk menjaga tubuh dari infeksi jamur dan bakteri.

8. Memerangi Infeksi Telinga

Propolis ini dapat memerangi infeksi telinga baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 122 anak-anak berusia 1-5 tahun menunjukkan propolis efektif dalam melawan infeksi telinga yang trjadi secara berulang.

Daripada menggunakan antibiotik yang dapat mengembangkan kekebalan pada bakteri, tak ada salahnya mencoba propolis sebagai alternatif untuk obat infeksi telinga pada anak.

9. Membangun Sistem Kekebalan Tubuh

Memang kekebalan tubuh sangat lah penting dalam hal mempertahankan kesehatan dan vitalitas seseorang. Daya tahan tubuh yang baik membantu melindungi tubuh dari penyakit, infeksi dan penuaan dini. Kekebalan tubuh yang buruk ditandai dengan degenerasi sel terjadi secara cepat.

10. Mengatasi Penyakit Jantung

Sifat antioksidan pada propolis mampu mengatasi penyakit radikal bebas seperti penyakit jantung. Dr. Fang Chu, seorang dokter dari rumah sakit Lien Yu Chine mengatakan bahwa propolis baik untuk penderita sakit yang dikarenakan konsentrasi kolesterol yang tinggi di dalam darah seperti penyakit jantung.

11. Dapat Mengatasi Penyakit Uci Uci

Propolis ini ternyata mampu menyembuhkan penyakit uci uci, dan penyebab munculnya uci uci. Untuk informasi selengkapnya, anda bisa melihatnya disini “Obat Uci Uci Herbal Propolis Brazil

Dimana anda bisa dapat mendapatkan herbal ini?

Propolis adalah salah satu obat herbal yang mudah anda temui. Herbal ini dapat anda temui di apotek, toko herbal, atau toko penjual makanan sehat dengan berbagai bentuk dan merk. Salah satunya obat herbal Propolis Brazil NanoTeknologi yang sudah terkenal akan khasiatnya ini.

Herbal ini memiliki dosis untuk setiap pasien, biasanya dosis obat herbal akan tergantung pada usia pengguna, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya.

Namun, sebuah penelitian merekomendasikan dosis harian obat propolis sekitar 70 miligram per hari. sebelum menggunakannya, pastikan anda lebih banyak mendapatkan khasiat propolis dibandingkan dengan resikonya. konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut.

Sort by : Herbal Propolis Brazil

Manfaat Propolis Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Propolis Untuk Kesehatan Tubuh, Manfaat Propolis Untuk Kesehatan Tubuh, Manfaat Propolis Untuk Kesehatan Tubuh, Manfaat Propolis Untuk Kesehatan Tubuh, Manfaat Propolis Untuk Kesehatan Tubuh, Manfaat Propolis Untuk Kesehatan Tubuh, Manfaat Propolis Untuk Kesehatan Tubuh, Manfaat Propolis Untuk Kesehatan Tubuh,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *