Obat Tradisional Penghancur Kista Ovarium

19 Nov

Obat Tradisional Penghancur Kista Ovarium

Apa Itu Kista Ovarium ??

Obat Tradisional Penghancur Kista Ovarium

Kista ovarium merupakan salah satu penyakit yang menyerang bagian intim dari wanita. Kista ovarium ini sendiri adalah kantong berisi cairan yang terbentuk di dalam ovarium. Yang mana tiap wanita memiliki dua indung telur (ovarium), satu dibagian kanan dan satu lagi dibagian kiri rahim. Ovarium yang berukuran sebesar biji kenari ini merupakan bagian dari sistem reprooduksi wanita.

Organ ini berfungsi untuk menghasilkan sel telur tiap bulannya (mulai dari masa pubertas sampai menopause) serta memproduksi hormon esterogen dan prongesteron. Fungsi ovarium terkadang dapat mengalami gangguan, dan kista termasuk jenis gangguan yang sering terjadi

Apa Saja Gejala Kista Ovarium ??

Sebenarnya keberadaan kista ini cenderung tidak menyebabkan gejala. Tetapi jika sel kista tersebut berukuran besar dan pecah, atau menyumbat aliran darah ke ovarium, maka akan muncul beberapa gejala. Diantaranya :

  • Nyeri pada tulang panggul beberapa saat sebelum atau sesudah menstruasi
  • Mengalami siklus haid yang tidak teratur
  • Merasakan mual yang kemudian disertai muntah
  • Proses pencernaan yang tidak lancar
  • Sering buang air kecil namun sulit buang air besar
  • Nyeri pada tulang panggul saat berhungungan seks
  • Perut merasa kembung
  • Lebih cepat merasa kenyang dibanding biasanya
  • Mendadak sakit kepala atau pusing

Nah apabila anda merasakan gejala seperti yang kami sebutkan di atas, maka anda harus segera memeriksakan diri anda ke dokter spesialis ginekologi untuk mengetahui apakah anda terjangkit penyakit kista atau tidak.

Adapun Beberapa Faktor Pemicu Risiko Kista Ovarium

1. Usia

Menurut para ahli dari U.S National Library of Medicine (NLM), bahwa wanita yang berusia di antara usia pubertas sampai menopause paling rentan terjangkit kista ovarium, sebab pada masa ini wanita masih mengalami periode menstruasi. Pada saat wanita mengalami menstruasi, saat itu juga kista ovarium bisa saja terbentuk.

Memang kista ovarium ini jarang terjadi pada wanita setelah menopause. Namun, wanita yang sudah menopause dan ternyata mempunyai kista ovarium akan lebih mudah untuk terkena kanker ovarium.

Kista ovarium ini terbagi menjadi beberapa jenis yang dapat terbentuk sebelum wanita menopause. Namun, yang paling umum terjadi adalah jenis kista fungsional, Jenis kista fungsional ini terbagi menjadi dua, yaitu kista yang tumbuh pada folikel (tempat telur yang belum matang berkembang) atau biasa disebut kista folikel dan kista korpus luteum atau kista yang terbentuk di korpus luteum, setelah telur dilepas.

2. Obat Penyubur Kandungan

Sebaiknya hindari obat penyubur kandungan yang biasa dipakai untuk membantu anda ovulasi (melepaskan sel telu). seperti gonadotropin, clomiphene citrate, atau letrozole. Sebab hal ini tentu dapat mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh anda. Sehingga, penggunaan obat penyubur kandungan juga dapat meningkatkan risiko kista ovarium, seringnya dalam jenis kista fungsional.

Penggunaan obat ini dapat menyebabkan terbentuknya kista dalam jumlah banyak dan dalam ukuran besar pada ovarium. Kondisi ini juga disebut dengan sindrom hiperstimulasi ovarium (ovarium hyperstimulation syndrome).

3. Riwayat Kista Ovarium

Untuk para wanita yang ternyata mempunyai riwayat kista ovarium di keluarganya atau mungkin wanita yang sebelumnya pernah memiliki kista ovarium, maka kemungkinan besar memeiliki kista ovarium itu kembali.

4. Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Wanita yang memiliki sindrom ovarium polikistik juga mempunyai risiko kista ovarium yang lebih tinggi. Sindrom ovarium polikistik ini terjadi ketika tubuh tidak mampu memproduksi cukup hormon bagi folikel dalam ovarium untuk melepaskan sel telur. Akibatnya, terbentuklah kista folikel. Sindrom ovarium polikistik ini juga dapat mengganggu sistem produksi hormon pada wanita, sehingga akan banyak masalah yang dapat terjadi karena hal ini.

5. Kemoterapi Dengan Tamoxifen

Jika wanita yang menderita kanker payudara yang juga pernah menjalankan kemoterapi dengan tamoxifen memiliki risiko kista ovarium yang lebih tinggi. Temoxifen dapat menyebabkan terbentuknya kista ovarium fungsional.

6. Endometriosis

Endometriosis ini terjadi pada saat bagian dari jaringan yang melapisi rahim (endometrium) terbentuk di bagian luar rahim, seperti pada tuba falopi, ovarium, kantung kemih, usus besar, vagina, atau rektum. Terkadang, kantung berisikan darah (kista) terbentuk pada jaringan ini. Kista yang terbentuk karena Endometriosis ini disebut dengan endometrioma. Kista ini dapat menyebabkan anda merasa sakit saat berhubungan seksual dan selama periode menstruasi.

Seiring berkembanganya zaman, orang-orang pada saat ini lebih memilih menggunakan metode pengobatan yang berbasis internasional. Padahal jika di teliti dan di cermari, jenis pengobatan yang berbasis tradisional dengan menggunakan berbagai jenis tanaman dan tumbuhan pun sangat berkhasiat untuk membatu menyembuhkan penyakit kista ovarium. Diantaranya :

1. Biji Rami

Biji Rami Sebagai Obat Tradisional Penghancur Kista Ovarium

Biji Rami berfungsi sebagai penyeimbang proporsi estrogen dengan progesteron di dalam tubuh, sehingga akan membantu mengurangi ukuran kista.

Cara pengolahannya : Campurkan 1 sendok makan biji rami ke dalam segelas air hangat, aduk sampai merata, dan anda bisa langsung meminumnya. Minumlah secara rutin 2 kaLi sehari dalam keadaan perut kosong hingga kista mengecil atau menghilang.

2. Buah Bit

Buah Bit Sebagai Obat Tradisional Penghancur Kista Ovarium

Didalam buah bit ini terkandung senyawa yang bernama betasianin, yang mana berfungsi untuk meningkatkan kemampuan hati dalam membersihkan racun dari dalam tubuh. Selain itu, sifat alkali dari buah ini akan membantu menyeimbangkan keasaman dalam tubuh, dan itu semua akan mengurangi gejala kista ovarium.

Cara pengolahannya : Sediakan buah bit dan lidah buaya masing-masing satu sendok makan, lalu campurkan ekstrak dari keduanya ke dalam 1 gelas air, aduk sampai merata, anda bisa langsung meminumnya. Lakukan cara ini secara rutin sebelum sarapan.

3. Daun Sirsak

Daun Sirsak Sebagai Obat Tradisional Penghancur Kista Ovarium

Daun sirsak ini sangat efektif untuk mengatasi rasa sakit dan ketidaknyamanan akibat kista. Senyawa acetogenins di dalam daun sirsak juga membantu mengatasi menstruasi yang tidak teratur dengan merangsang aliran darah di daerah penggul dan rahim.

Cara pegngolahannya : Sediakan daun sirsak (seperlunya), tumbuk sampai halus, lalu peras daun sirsak itu, kemudian anda bisa langsung meminum air perasan dari daun sirsak tesebut. Anda bisa melakukan cara ini secara rutin, sampai penyakit kista ovarium anda benar-benar sembuh.

4. Jahe

Jahe Sebagai Obat Tradisional Penghancur Kista Ovarium

Jahe merupakan jenis tanaman yang memliki sifat anti-inflamasi, yang mana berfungsi mengurangi peradangan dan rasa sakit. Selain itu, jahe juga meningkatkan panas dalam tubuh dan menginduksi menstruasi.

Cara pengolahannya : Sediakan dua inci jahe, dua tangkai seledri, dan setengah gelas jus apel, kemudian campurkan semua bahan tersebut sampai merata. Anda bisa langsung mengkonsumsinya, lakukan cara ini dengan rutin 2-3 gelas sehari sampai penyakit kista ovarium anda benar-benar sembuh.

5. Cuka Sari Apel

Cuka Sari Apel Sebagai Obat Tradisional Penghancur Kista Ovarium

Tenyata cuka sari apel ini sudah sangat populer di kalangan para ahli untuk membantu mengecilkan dan menghilangkan kistsa ovarium. Selain itu, cuka sari apel ini juga akan sangat membantu meringankan gejala menstruasi yang berlebihann, seperti pendarahan, kembung dan kram di seluruh periode haid.

Cara pengolahannya : Masukkan 1 sendok makan cuka sari apel ke dlaam segelas air hangat, aduk sampai merata. Anda bisa langsung meminumnya, dan lakukan cara ini dengan rutin 1-2 gelas setiap hari.

6. Acai Berry

Acai Berry Sebagai Obat Tradisional Penghancur Kista Ovarium

Acai Berry mengandung senyawa yang berkhasiat untuk menumpas penyakit kisa, yang bernama senyawa Antosianin. Penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Faculty of Medicine of the University of Porto mengungkapkan bahwa antosianin sangat ampuh dalam menghambat proliferasi (perkembangan) sel tumor jinak (termasuk kista).

Antosianin ini juga memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan hormon estrogen dan progestreon, serta membersihkan tubuh dari kelebihan hormon estrogen. Sehingga, sangat bermanfaat untuk menghindari pertumbuhan kista serta mencegaha timbulnya penyakit kista di kemudian hari.

Nah itulah beberapa obat tradisional yang bisa anda gunakan sebagai alternatif penyembuhan penyakit kista ovarium yang saat ini sedang anda alami. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih telah setia membaca artikel ini samapi selesai.

Sort by : Herbal Propolis Brazil

Obat Tradisional Penghancur Kista Ovarium

Obat Tradisional Penghancur Kista Ovarium, Obat Tradisional Penghancur Kista Ovarium, Obat Tradisional Penghancur Kista Ovarium, Obat Tradisional Penghancur Kista Ovarium, Obat Tradisional Penghancur Kista Ovarium, Obat Tradisional Penghancur Kista Ovarium,

Obat Tradisional Penghancur Kista Ovarium, Obat Tradisional Penghancur Kista Ovarium, Obat Tradisional Penghancur Kista Ovarium, Obat Tradisional Penghancur Kista Ovarium,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *